Ali Syari’ati: Marxisme Pembohong

Oleh. M. Hariri

JUDUl: Kritik Islam atas Marxisme dan Sesat-pikir Barat lainnya

PENULIS: Ali Syari’ati

PENERBIT: Mizan

CETAKAN I. 1404 H.

TEBAL: 225

Marxisme adalah sebuah paham yang mengikuti pemikirian Karl Marx, sangat menyongsong mati-matian materialisme; kebutuhan manusia selama-lamanya. Dengan pemikiran inilah intensi besar untuk memperoleh kebutuhan dirinya mau tak mau harus melakukan yang namanya persaingan.

Persaingan, menurut marxisme, keharusan manusia dalam hidupnya. Sedangkan kebutuhan hidup merupakan satu-satunya hal yang begitu penting untuk kelanjutan hidup di dunia. Persaingan yang tidak memasrahkan dirinya dalam jurang perbudakan. Manusia harus bebas dari kekangan, kolonialisme dan berbagai persoalan yang dapat meruntuhkan sifat kamanusiaannya.

Aksi ideologi marxis timbul dalam waktu perhelatan berkuasanya kaum kapitalisme. Isme yang telah merenggut kemanusian dari manusia lainnya. Merendehkan saudaranya sebagai alat untuk mesin dalam menghasilkan barang. Di sini manusia, dalam kapitalisme, sebagai budak yang dipaksa dan ditindas, upaya secara tidak langsug untuk kehormatan kepada atasan (baca; pemerintah)

Oleh karenanya kemudian Marx membuat konsep untuk menyerang kapitalisme yang tidak menghargai sisi kemanusian, yang hanya peduli terhadap diri sendiri, lalu bahagia setelah mampu mendapatkan keuntungan banyak. Konsep yang ditempuh sekarang kita mengenalnya dengan Komonisme; janji Marx untuk meratakan sisi kehidupan semua manusia baik dalam hal ekonomi atau tentang kepentingan kemanusian. Intensinya berada dalam konsistensi tidak runtuhnya kemanusian. Boleh bersaing tapi tidak menindas yang lain.

Hasil pemikiran Marx ini dalam menentang kaum kapital ternyata banyak yang sepaham sehingga paham komonisme diterima pada saat itu. Sementara kaum kapital menjadi musuh yang paling dibenci dan dimusuhi. Seorang Filosof, Eric Froom, menyebut Marx dalam bukunya Manusia dalam Konsep Karl Marx sebagai pengagum kemanusian. Pernyataan ini walau sebenarnya untuk meluruskan orang-orang yang kontra dengan pemikiran  Marx. Sebab pada saat itu walaupun banyak yang setuju dengan konsep komunis, namun banyak juga kelompok-kelompok yang justru mensamakan dirinya (Marxisme) dengan kapitalisme.

Marxisme Menurut Ali Syari’ati

Ali Sayari’ati dikenal sebagai raushanfikr di Iran. Raushanfikr merupakan julukan untuk kaum mullah dan itelektual liberal-modernis yang bekerja dan berpkir untuk melakukan perubahan-perubahan politik, sosial dan kultural. Hlm. 7 Sementara kaum intelektual lainnya yang sama dan sepejuang dengan Ali Syari’ati adalah Imam Ayatullah Khomeini, Ayatullah Mutahhari dan Ayatullah Muhammad Taliqani. Mereka hidup pada abad 19 dan pemikirannya banyak dipengaruhi filosof eropa abad-18. Hlm., 8.

Beberapa dari mereka termasuk Ali Syari’ati aksi ideologinya serta pergerakan sosialnya tertuju pada kondisi kaum mullah yang sejatinya lebih etis dalam sebuah persoalan, sangat gila dengan kekuasaan dan uang tepat pada abad-20. Pada masa inilah Ali Syariati beserta yang lainnya sebagai raushanfikr Iran melakukan pergerakan terhadap kelompok-kelompok yang sudah mempengaruhi hilangnya alam pemikiran para ahli ilmu pengetahuan dan filosof. Melihat keadaan yang sedang terjadi di Iran itu seperti kembali pada abad scholastik, di mana agama harus tunduk pada pemerintah.

Tentang kemanusiaan (humanisme), Ali Syari’ati dalam bukunya Kritik Islam Atas Marxisme dan Sesat-Pikir Barat Lainnya, terasa mengikuti seorang pengkaji kemanusian asal Perancis yaitu Alexis Carrel, bukti itu tertera secarik ucapan Carrel bahwa “sejauh manusia tenggelam dalam dunia luar dan telah mencapai kemajuan di sana, sejauh itu pula ia terasing dari dirinya sendiri dan lupa pada hakikatnya sendiri”. Artinya bahwa pengetahuan manusia tidak lain dari pengetahuan tentang dirinya, dan tanpa itu manusia akan diselimuti kebodohan.

Pengertian itu saya ambil dari bukunya dan dari satu dari yang lainnya untuk melihat keefektifan serta berjalannya paham Marxis dan kapitalisme yang sudah sekian lama menyelubungi bangsa Iran. Terselubungnya Marxis dan kapitalis tentu menjadi beban berat bagi para revolusioner Iran sejak itu.

Ali syari’ati melihat keduanya sebagai orang-orang, dalam pernyataan Alexis Carrel, manusia yang tenggelam dalam dunia luar karena telah mencapai kemajuan. Namun kemajuan itu sporadis dan butal. Mendistorsi sifat kemanusian. Kemajuan itu merupakan hasil dari pengetahuan yang belum paripurna, terjangkit pada persoalan pengetahuan yang belum sepenuhnya benar. Ketidaktahuan itu lalu menyebabkan dirinya terasing dari jati dirinya; dirinya kehilangan arti-arti kemanusiaan dan kemanusian lainnya, segala yang diperbuat dalam anggapannya hanyalah berdasarkan kepentingannya. Menurut Dewey hal ini mengindikasikan bahwa manusia sekarang lebih lemah dan lebih lalai dalam megendalikan dirinya ketimbang manusia purba.

Kesalahan Marx, menurut Ali Syari’ati, berada dalam konsepnya tentang komunisme. Bahkan oleh banyak kalangan  dinyatakan bahwa konsep tersebut hanyalah politiknya; konsep yang mempunyai cita-cita luhur untuk meratakan hidup yang sama, agar sistem komunis bisa diterima di masyarakat dan sesakali juga untuk penumpasan kapitalisme yang menurut dirinya telah merusak nilai kemanusian.

Ali Syari’ati secara tegas, keluasan pengetahuannya mengenai pemerintahan Barat, bahwa sebenarnya itu hanyalah tipu daya Marx. Sebenanrnya antara komunisme dan kapitalisme sangatlah mirip. Perhatian yang kuat pada model kemewahan yang sekarang dan harus merata, baik dalam kehidupan individu atau negara berakhir dengan implikasi bahwa pada akhirnya Marxis dan kapitalis sama-sama mempersembahkan satu jenis manusia yang sama bagi pasaran sejarah kemanusian. Hlm 79.

Kemudian apa yang membuat sama dari keduanya, padahal sudah jelas dalam sejarahnya marxisme memusuhi kaum kapitalis? Persamaan keduanya terletak pada padangan-dunia mitos Yunani kuno dan ini juga menjadi kekeliruan paling besar dalam sejarah Barat. Dari sejak Diderot, dan Voltaire sampai Feuerbach dan Marx, mereka menyamakan dunia mitos Yunani kono yang tetap berada dalam batas-batas alam material. Mereka membandingkan dan bahkan mensamakan jadi satu, hubungan manusia dengan Zeus, Ahurmazda, Rama, Tao, Isa dan Allah yang sungguh jauh dari pengertian. Hlm, 54.

Landasan perspektif mitos khas Yunani kuno bahwa “di antara surga dan bumi (dunia dewa dan dunia manusia) terdapat persaingan, pertentangan dan bahkan semacam iri hati. Sehingga logis sekali kalau Marx menginkan perhatian/kehidupan mewah secara merata hanyalah perkataan dari balik poltiknya saja dan kemungkinan juga pertentangan Marx pada kaum kapitalis hanya untuk derajat di pemerintahan, di mana Marx dengan semua teori yang ia luncurkan  mengandung dan mengembangkan rasa permusuhan dan pertentangan. Ali Syari’ati menganggap marxisme dan kapitalisme sangat mirip. Semua hujatan dari keduanya hanyalah retorika demi kepentingan diri sendiri. Jadi akan berada di mana sifat kemanusian apakah itu tidak diketahui sejauh retorikanya terahasiakan.

Lalu yang terahasiakan akan terungkap bahwa ada dua aspek yang berbeda dalam marxisme; yang satu mempertentangkan Marx dengan orde kapitalis pada masanya, pada aspek kedua; aspek Marxisme yang meng-ya-kan. Tidak mungkin, sebagaimana kata Syari’ati, jika memang itu timbul dari Marx yang baik; tiada maksud selain untuk bangsanya, dan pertentangan seharusnya tidak terjadi pada kubunya.

Buku ini secara luas membahas teori Marx dan komparasi antara Islam dan Marxiseme. Tapi perbedaan atau pertentangan dari keduanya (Islam dan Marxisme) oleh penulis tidak banyak di bahas.

Setelah mebaca buku ini, yang  perlu anda ketahui, saya juga tidak sepenuhnya setuju atau tidak. Karena tiadanya catatan kaki (footenote) dalam buku ini menjadi kekurangan yang sangat besar, karena selain  buku ini juga masih banyak buku  yang membahas (pro) teori Marx. Semoga bermanfaat. Sekian terimakasih.

Desember 2015

Mungkin Anda Menyukai

3.601 tanggapan untuk “Ali Syari’ati: Marxisme Pembohong

  1. Learning typically the alphabet is a crucial portion of your child’s schooling specially
    when it comes in order to learning to read and write.

  2. Ping-balik: cheap jordans
  3. Awsome info and straight to the point. I don’t know
    if this is in fact the best place to ask but
    do you people have any thoughts on where to hire some professional writers?
    Thx 🙂

  4. I am really inspired along with your writing abilities
    as neatly as with the layout on your blog. Is that this a paid theme or did you modify it your
    self? Either way stay up the excellent quality writing, it’s rare to peer a great weblog like
    this one these days..

  5. Thanks for one’s marvelous posting! I actually enjoyed
    reading it, you might be a great author.I will ensure that I
    bookmark your blog and will often come back in the future.
    I want to encourage yourself to continue your
    great job, have a nice holiday weekend!

  6. I do trust all the ideas you have introduced to your post.

    They’re very convincing and will certainly work. Still,
    the posts are very quick for beginners. Could you please prolong them a little from subsequent time?
    Thanks for the post.

  7. I’ve been surfing online greater than 3 hours nowadays, yet I never discovered
    any attention-grabbing article like yours. It’s pretty value sufficient for me.

    In my view, if all webmasters and bloggers made just right content material as you probably did, the
    net will likely be a lot more useful than ever before.

  8. Every weekend i used to pay a quick visit this site, as i
    wish for enjoyment, since this this web site conations truly good funny data too.

  9. Ping-balik: air max 90
  10. I would like to take the opportunity of saying thanks to you for the professional assistance I
    have enjoyed browsing your site. We’re looking forward to the commencement of my college research and the entire preparing would never have been complete without visiting your site.
    If I can be of any assistance to others, I’d personally be ready to help by means of what I have gained from here.

  11. Thank you for any other wonderful post. Where else could anyone get
    that kind of info in such aan ideeal approach of writing?
    I have a presentation next week, and I am
    at the look for uch information.

  12. Fine way of telling, and nice post to take information about my presentation focus,
    which i am going to convey in college.

  13. Ping-balik: nike flyknit racer
  14. I just now wanted to thank you once again for this
    amazing website you have produced here. It’s full of useful tips for those who are seriously
    interested in that subject, primarily this very post.
    Your all so sweet as well as thoughtful of others and reading your site posts is a great
    delight if you ask me. And what a generous treat! Mary and I are
    going to have pleasure making use of your suggestions in what
    we should instead do in the future. Our list is a kilometer long which
    means your tips might be put to fine use.

  15. I simply could not leave your web site before suggesting that I really loved the usual information a person provide to
    your visitors? Is gonna be back steadily in order to
    inspect new posts.

  16. Ping-balik: didrikson jakke
  17. Hi there, I foun your blog via Google while looking for a similar topic, your site
    got here up, it seems to bbe good. I have bookmarked it
    in my google bookmarks.
    Hello there, simply become aware of your blog thru Google,
    and located that it is really informative. I amm going too be careful for brussels.
    I will be gratefl in case youu proceed this in future.
    Numerous people shall be benefited out of your writing. Cheers!

  18. Ping-balik: hulabalu flyverdragt
  19. Good day very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I’ll bookmark your web site
    and take the feeds also? I am satisfied to search out a lot of useful info here within thee
    publish, we’d like work out more techniques on this regard, thanks for sharing.

    . . . . .

  20. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this website.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s tough to get that “perfect balance” between user friendliness and appearance.
    I must say you have done a superb job with this. Additionally, the blog loads super fast
    for me on Internet explorer. Exceptional Blog!

  21. resident evil 7 steroide : 5 Tipps
    Bezüglich der Indienstnahme von Anabolika – um Gesundheisproblemen zu vermeiden oder zu vermindern folgen Bodybuilder Zyklen, die von kommenden Bodybuildern empfohlen werden.

  22. This design is spectacular! You definitely know how to keep a reader amused.
    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job.
    I really loved what you had to say, and more than that,
    how you presented it. Too cool!

  23. Дико страстное частное порно http://chastnoe.online/ видео прекрасно демонстрирует огонь скромных девушек. Любительские секс ролики отчетливо показывают, который даже дома эти киски http://chastnoe.online/categories/%D0%A0%D1%83%D1%81%D1%81%D0%BA%D0%BE%D0%B5/ способны делать невероятные багаж с возбужденным членом. Русские http://chastnoe.online/categories/%D0%91%D0%BE%D0%BB%D1%8C%D1%88%D0%B8%D0%B5+%D0%B6%D0%BE%D0%BF%D1%8B/ потаскушки разве красивые Азиатки — не важно, ведь совершенно они с удовольствием позируют в объектив камеры. Каждая беспричинно и норовит понравится зрителю, играя сочными сиськами либо посасывая фаллос. Мужики натягивают любую дырку своих любовниц, воеже исполнять домашние записи вдобавок http://chastnoe.online/categories/%D0%94%D0%B5%D0%B2%D1%83%D1%88%D0%BA%D0%B8/ горячее!